~PASAR MENURUT WAKTU ~
• Pasar harian
adalah tempat pasar di mana pertemuan antara pembeli dan penjual yang dapat dilakukan setiap hari.Biasanya yang diperdagangkan adalah kebutuhan konsumsi, kebutuhan
produksi, kebutuhan bahan-bahan mentah, dan kebutuhan jasa.
adalah tempat pasar di mana pertemuan antara pembeli dan penjual yang dapat dilakukan setiap hari.Biasanya yang diperdagangkan adalah kebutuhan konsumsi, kebutuhan
produksi, kebutuhan bahan-bahan mentah, dan kebutuhan jasa.
•b. Pasar mingguan
Pasar mingguan adalah pasar dengan proses jual beli dilakukan
setiap seminggu sekali. Biasanya pasar seperti ini terdapat di daerah yang masih jarang penduduk.
Pasar mingguan adalah pasar dengan proses jual beli dilakukan
setiap seminggu sekali. Biasanya pasar seperti ini terdapat di daerah yang masih jarang penduduk.
•c. Pasar bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang diselenggarakan sebulan sekali.Biasanya pembeli di pasar ini membeli barang tertentu yang kemudian akan dijual kembali, seperti pasar hewan.
Pasar bulanan adalah pasar yang diselenggarakan sebulan sekali.Biasanya pembeli di pasar ini membeli barang tertentu yang kemudian akan dijual kembali, seperti pasar hewan.
•d. Pasar tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Biasanya bersifat nasional dan diperuntukkan bagi promosi suatu produk. Misalnya,PRJ,
Pameran Pembangunan dan lain-lain.
Pasar tahunan adalah pasar yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Biasanya bersifat nasional dan diperuntukkan bagi promosi suatu produk. Misalnya,PRJ,
Pameran Pembangunan dan lain-lain.
•Pasar Temporer
adalah pasar yang terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tertentu.Contoh:Pasar Tiban.bazaar,dll.
~PASAR MENURUT BENTUK~
•A. Pasar Persaingan Sempurna
pasar persaingan sempurna adalah dimana pihak penjual dan pembeli saling mengetahui keadaan pasar. Kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dari masing-masing pihak tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Pihak produsen harus menjual barangnya sesuai dengan harga pasar yang berlaku. Pasar persaingan sempurna akan muncul apada keadaan dimana terdapat banyak penjual, dan msding-masing memproduksi/menjual barang yang identik atau homogen sehingga mereka sangat kecil kemungkinan untuk mempengaruhi situasi pasar. Bagi penjual yang menurunkan harga, tidak akan mampu memenuhi permintaan sebaliknya yang menaikkan harga akan mengalami kerugian karena ditinggalkan pembelinya.
pasar persaingan sempurna adalah dimana pihak penjual dan pembeli saling mengetahui keadaan pasar. Kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dari masing-masing pihak tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Pihak produsen harus menjual barangnya sesuai dengan harga pasar yang berlaku. Pasar persaingan sempurna akan muncul apada keadaan dimana terdapat banyak penjual, dan msding-masing memproduksi/menjual barang yang identik atau homogen sehingga mereka sangat kecil kemungkinan untuk mempengaruhi situasi pasar. Bagi penjual yang menurunkan harga, tidak akan mampu memenuhi permintaan sebaliknya yang menaikkan harga akan mengalami kerugian karena ditinggalkan pembelinya.
•B. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak sempurna jumalah penjual dan jumlah pembeli tidak sebanding. Kemungkinan yang pertama adalah pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual (produsen),sehingga penjual (produsen) dapat dengan bebas menentukan hargabarang dan jumlah barang yang akan diperjual-belikan agar ia dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Kemungkinan yang kedua adalah pasar dikuasai oleh satu atau beberapa pembeli, sehingga pembeli dapat dengan bebas menentukan harga barang dan jumlah barang yang akan diperjual-belikan. Bentuk-bentuk pasar pesaingan tidak sempurna antara lain;
Dalam pasar persaingan tidak sempurna jumalah penjual dan jumlah pembeli tidak sebanding. Kemungkinan yang pertama adalah pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual (produsen),sehingga penjual (produsen) dapat dengan bebas menentukan hargabarang dan jumlah barang yang akan diperjual-belikan agar ia dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Kemungkinan yang kedua adalah pasar dikuasai oleh satu atau beberapa pembeli, sehingga pembeli dapat dengan bebas menentukan harga barang dan jumlah barang yang akan diperjual-belikan. Bentuk-bentuk pasar pesaingan tidak sempurna antara lain;
•c. Pasar Monopoli
Merupakan pasar yang dikuasai oleh satu produsen, dalam pasar monopoli barang yang dijual bersifat lain dari yang lain .Tidak ada substitusi terhadap barang yang dijual oleh penjual tunggal tersebut, dengan demikian penjual dapat menentukan harga pasar sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yang akan diperoleh. Pada pasar monopoli ada hambatan bagi penjual lain untuk masuk sebagai pesaing.
Merupakan pasar yang dikuasai oleh satu produsen, dalam pasar monopoli barang yang dijual bersifat lain dari yang lain .Tidak ada substitusi terhadap barang yang dijual oleh penjual tunggal tersebut, dengan demikian penjual dapat menentukan harga pasar sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yang akan diperoleh. Pada pasar monopoli ada hambatan bagi penjual lain untuk masuk sebagai pesaing.
•d. Pasar Oligopoli dan Pasar Duopoli
Pasar Oligopoli merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual ,sedangkan pasar duopoly merupakan pasar yang terdiri dari dua penjual. Barang yang diperjual-belikan pada pasar ini bersifat homogen dan dapat juga bersifat diferensiasi. Pada pasar oligopoly maupun duopoly pihak penjual harus mempertimbangkan akan terjadinya persaingan dalam menetapkan harga jual dan strategi pemasaran.
Pasar Oligopoli merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual ,sedangkan pasar duopoly merupakan pasar yang terdiri dari dua penjual. Barang yang diperjual-belikan pada pasar ini bersifat homogen dan dapat juga bersifat diferensiasi. Pada pasar oligopoly maupun duopoly pihak penjual harus mempertimbangkan akan terjadinya persaingan dalam menetapkan harga jual dan strategi pemasaran.
•e. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik dikatakan mirip dengan pasar persaingan sempurna karena ada kebebasan bagi perusahaan sebagai penjual untuk masuk pasar dan keluar pasar lagi, akan tetapi barang yang diperjualbelikan tidak homogen. Barang yang diperjualbelikan dibedakan melalui berbagai macam program promosi penjualan. Dengan demikian pasar persaingan monopolistik adalah suatu keadaan dimana terdapat banyak penjual yang berkaitan erat tetapi bukan penjual atau penghasil barang yang sama. Barang yang diperjual-belikan pada pasar persaingan monopolistic hanya satu jenis saja, akan tetapi mempunyai perbedaan-perbedaan dalam hal bentuk, kualitas maupun ukuran. Pasar monopolistic banyak dijumpai pada sektor jasa misalnya salon, butik dan lain sebagainya.
Pasar persaingan monopolistik dikatakan mirip dengan pasar persaingan sempurna karena ada kebebasan bagi perusahaan sebagai penjual untuk masuk pasar dan keluar pasar lagi, akan tetapi barang yang diperjualbelikan tidak homogen. Barang yang diperjualbelikan dibedakan melalui berbagai macam program promosi penjualan. Dengan demikian pasar persaingan monopolistik adalah suatu keadaan dimana terdapat banyak penjual yang berkaitan erat tetapi bukan penjual atau penghasil barang yang sama. Barang yang diperjual-belikan pada pasar persaingan monopolistic hanya satu jenis saja, akan tetapi mempunyai perbedaan-perbedaan dalam hal bentuk, kualitas maupun ukuran. Pasar monopolistic banyak dijumpai pada sektor jasa misalnya salon, butik dan lain sebagainya.
• •f.pasar monopsoni
merupakan pasar dimana hanya terdapat saatu perusahaan pembeli,sehingga ia memiliki kemampuan untuk menetapkan harga.contoh:PT kereta Api Indonesia
•g.pasar oligopsoni
adalah suatu pasar dimana pembelian suatu barang dipegang oleh beberapa perusahaan.contohnya di desa sering terdapat tengkulak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar